Senin, 03 Oktober 2016

Sosial media marketing

Haii teman teman, apa diantara kalian ada yang memiliki facebook? Pernah kah kalian melihat terjadinya suatu proses jual beli yang dilakukan antara dua orang atau lebih di dalam media social facebook tersebut? Nah, terjadinya proses jual beli yang dilakukan beberapa orang tersebut telah mencerminkan bahwa ada terjadinya social media marketing. Sebelumnya, apa kalian tau apa yang dimaksud dengan social media marketing? Social media marketing atau yang sering disebut dengan pemasaran via media social merupakan suatu bentuk pemasaran atau promosi melalui media digital. Seperti yang kita ketahui, disini social media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen. Selain itu, social media juga memiliki fitur fitur yang unik yang dapat memungkinkan untuk terjadinya percakapan sehingga membentuk word of mounth dari mulut ke mulut dengan hanya mengklik tombol share, like dan re tweet. Penekana tombol ini sama adanya seperti yang terdapat pada facebook dan twitter. Dengan menggunakan mention dan tag kepada teman di social media, kita juga dapat berbagi informasi dan opini.
Jika pada jaman dahulu orang orang hanya memiliki website untuk mempromosikan barang dagangannya, kini sudah semakin banyak produsen ataupun pelaku bisnis yang tidak hanya memiliki blog atau website namun juga memiliki akun twitter , facebook, instagram, pinerest dan lain lainnya untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk jualannya atau hanya sekedar untuk menjadin komunikasi demi meningkatkan mutu pelayanan dan penjualannya.
                Seperti yang sudah sering sekali terjadi di facebook dan twitter, para pengguna yang berperan sebagai penjual biasanya mengunggah produk atapun jasa yang dijualnya ke akun media sosialnya dengan harapan agar pengguna media social lainnya juga akan tertarik dan membeli produk atau jasa yang dijualnya tersebut. Dengan mengunggah produk atau jasa yang dijualnya kedalam media social yang dimilikinya, pengguna media social lain dapat melihat produk atau jasa tersebut. Jika berminat membeli, dia dapat memasukan komentarnya pada kolom komentar ataupun melakukan personal chat langsung dengan sang penjual. Interaksi antara penjual dan pembeli yang melalui media social ini lah yang disebut dengan social media marketing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author