Haii teman
teman, apa diantara kalian ada yang memiliki facebook? Pernah kah kalian
melihat terjadinya suatu proses jual beli yang dilakukan antara dua orang atau
lebih di dalam media social facebook tersebut? Nah, terjadinya proses jual beli
yang dilakukan beberapa orang tersebut telah mencerminkan bahwa ada terjadinya
social media marketing. Sebelumnya, apa kalian tau apa yang dimaksud dengan
social media marketing? Social media marketing atau yang sering disebut dengan
pemasaran via media social merupakan suatu bentuk pemasaran atau promosi
melalui media digital. Seperti yang kita ketahui, disini social media digunakan
untuk membangun keterikatan dengan konsumen. Selain itu, social media juga
memiliki fitur fitur yang unik yang dapat memungkinkan untuk terjadinya
percakapan sehingga membentuk word of mounth dari mulut ke mulut dengan hanya
mengklik tombol share, like dan re tweet. Penekana tombol ini sama adanya
seperti yang terdapat pada facebook dan twitter. Dengan menggunakan mention dan
tag kepada teman di social media, kita juga dapat berbagi informasi dan opini.
Jika pada jaman
dahulu orang orang hanya memiliki website untuk mempromosikan barang
dagangannya, kini sudah semakin banyak produsen ataupun pelaku bisnis yang
tidak hanya memiliki blog atau website namun juga memiliki akun twitter ,
facebook, instagram, pinerest dan lain lainnya untuk memperkenalkan atau
mempromosikan produk jualannya atau hanya sekedar untuk menjadin komunikasi
demi meningkatkan mutu pelayanan dan penjualannya.
Seperti
yang sudah sering sekali terjadi di facebook dan twitter, para pengguna yang
berperan sebagai penjual biasanya mengunggah produk atapun jasa yang dijualnya ke
akun media sosialnya dengan harapan agar pengguna media social lainnya juga
akan tertarik dan membeli produk atau jasa yang dijualnya tersebut. Dengan
mengunggah produk atau jasa yang dijualnya kedalam media social yang
dimilikinya, pengguna media social lain dapat melihat produk atau jasa
tersebut. Jika berminat membeli, dia dapat memasukan komentarnya pada kolom
komentar ataupun melakukan personal chat langsung dengan sang penjual.
Interaksi antara penjual dan pembeli yang melalui media social ini lah yang
disebut dengan social media marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar